Karya Seni Sumatera Barat

Google Adsense Here

Karya Seni Sumatera Barat, Sumatera barat merupakan daerah penghasil karya seni selain alat- alat musik dan tarian ada juga hasil karya seni yang menjadi ciri khas Sumatera Barat. Anyaman berupa warna kain dengan motif rumit dan cerah daerah Sumatera barat merupakan hasil dari tangan – tangan terampil orang Minangkabau dan telah terkenal diseluruh Nusantara.

 

Google Adsense Here

Kain hasil kerajinan daerah Minangkabau ini dikenal dengan kain songket. Dengan menggunakan benang emas dan juga benang perak orang Minangkabau menciptakan sebuah kain songket dan dengan bahan sutra atau katun. Motif yang digunakan untuk menyongket ini adalah motif tumbuhan, pemandangan dan juga benda- benda alam.

 

Selain songket orang Minangkabau juga terkenal dengan bordir yang indah yang merupakan pengaruh dari Cina. Dalam hal ini kita dapat mengambil contoh pakaian pernikahan Minang dengan warna merah serta hitam dan berbahan satin yang identik dengan tradisi Cina.

Banyak wisatawan asing yang berburu kain bordir secara khusus seperti pakaian dan dekorasi pernikahan Minangkabau. Sedangkan souvenir sempurna adalah kain indah berbordir sarong dan selendang ketika  berkunjung ke Sumatera barat.

 

Selain itu, Minangkabau juga terkenal perak. Ketrampilan khusus dibutuhkan untuk membuat perhiasan Fligree. Kerajinan perak ini berkembang di daerah Bukittinggi.

 

Selain itu, juga di daerah Pandai Sikat anda dapat belajar kerajinan Sumatera barat seperti Tenun Songket dan juga ukiran kayu. Pandai Sikat diartikan “Pangrajin Pintar”.

Google Adsense Here